SAMUDERA 2016 (Brand New Day!)

samudera fix

Dalam dunia perkuliahan, Ospek berupa Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) adalah hal yang biasa di alami seluruh mahasiswa saat menjadi Mahasiswa Baru (Maba). Biasanya terdapat 3 tahap ospek bagi mahasiswa di dunia perkuliahan, mulai dari PKK Universitas, kemudian dilanjutkan PKK Fakultas hingga Pengenalan pada Jurusan atau Program studi. Pada tahun 2016, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan kembali mengadakan kegiatan Samudera (Sambut Angkatan Muda Eratkan Tali Persaudaraan) sebagai salah satu program kerja departemen PSDM. Samudera adalah kegiatan pengenalan lingkungan kampus yang ruang lingkupnya adalah program studi. Sampai tahun 2016, Samudera telah sukses dilaksanakan sebanyak empat kali mulai tahun 2013.

Samudera berbeda dengan ospek pada umumnya, karena yang ingin dibangun adalah rasa saling memiliki dan bangga akan program studi. Setiap tahun terdapat perbedaan dalam rangkaian kegiatan Samudera, pada tahun 2016 ini konsep kegiatan yang dipilih adalah adalah It’s brand new day dengan tema PANGLIMA (pengenalan lingkungan kampus dan humanera). Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperkenalkan program studi MSP sebagai ‘rumah’ mahasiswa MSP dalam berproses. Seluruh penghuni rumah tersebut haruslah mengenal satu sama lain agar tercipta hubungan yang harmonis, baik antara mahasiswa dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan dosennya. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan agar seluruh mahasiswa baru MSP paham akan keadaan lingkungannya agar terjalin pemikiran pemikiran yang kritis untuk berbenah dan nantinya akan bangga pada rumah yang kelak membesarkan mereka.

Tahun ini, Samudera telah sukses dilaksanakan pada hari Minggu, 25 September 2016 lalu. Kegiatan yang dimulai pada pukul 06.00-17.00 mendapat antusiasme yang tinggi dari para peserta, hal ini ditandai dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan mencapai 96%. Peningkatan peserta ini dikarenakan baiknya perencanaan kegiatan yang telah dimulai semenjak bulan Mei 2016 lalu. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pihak Dekanat FPIK, jajaran dosen MSP dan Pengurus Humanera yang diantaranya adalah Ir. Sukandar (Wakil Dekan 3 FPIK), Dr. Ir. Mulyanto, MSi (Ketua Prodi MSP), M. Arvin Farely (Presiden BEM FPIK), Rizky Mustaqim (Ketua Humanera 2016), M. Ali Dhofir (Mawapres FPIK 2016) dan tamu undangan lainnya dari jajaran dosen dan mahasiswa. Terdapat 3 tahapan dalam kegiatan Samudera 2016. Tahapan pertama adalah pra kegiatan mulai dari sosialisasi dan penugasan yang tujuannya untuk memperkuat hubungan antar mahasiswa baru dengan sesamanya dan lingkungan sekitar, yang kedua adalah saat hari H samudera dimana mahasiswa baru akan diberi materi materi penting mengenai program studi agar semakin mengenal lingkungan perkuliahannya dan yang ketiga adalah pasca samudera dimana mahasiswa baru harus dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu dan manfaat yang didapat ketika Samudera.

Samudera tahun ini cukup berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, diawali dari konsepan kegiatan yang berbeda. Samudera 2016 mengusung konsep It’s brand new day dengan tema PANGLIMA (pengenalan lingkungan kampus dan humanera), kemudian dari sisi penugasan pun berbeda karena penugasan tidak dibebankan pada individu melainkan kelompok untuk menumbuhkan rasa kepedulian satu sama lain. Penugasan yang diwajibkan berupa pembuatan scrapbook kelompok dan penugasan angkatan yang harus dikerjakan bersama sama. Tahun ini, selama kegiatan mahasiswa baru tidak pernah merasa ‘boring’ karena di sela-sela kegiatan selali disisipkan berbagai penampilan dari hasil kreatifitas mahasiswa-mahasiswa MSP. Diakhir kegiatan juga dilakukan outbond sebagai salah satu upaya memperkuat hubungan antar mahasiswa baru agar semakin mengenal satu sama lain guna mewujudkan budaya Senyum, Sapa dan Salam di kehidupan perkuliahan.

“Samudera adalah kegiatan yang penting untuk mahasiswa baru agar mereka mengenal dan semakin mencintai program studi mereka. Lalu memberi motivasi kepada mereka, mempererat hubungan sesama mahasiswa baru dan dengan mahasiswa tingkat sebelumnya, serta mengenalkan mahasiswa baru dengan organisasi Humanera tercinta.” Ilham Alhamidy – Ketua Pelaksana Samudera 2016.