PLANKTER 2016 (Satu Kita, Satu Hati, PLANKTER Beraksi!)

plankter

       Plankter 2016 (Pengenalan Lingkungan dan Kualitas Perairan) adalah kegitatan rutin tahunan Himpunan Mahasiswa program studi Manajemen Sumberdaya Perairan (HUMANERA) yang bekerjasama dengan mahasiswa MSP angkatan 2014. Plankter 2016  telah dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 5 Juni 2016. Lokasi kegiatan ini dilaksanakan sama seperti tahun 2015 lalu, yakni di desa Sumber Pasir Kecamatan Pakis, Malang. Tujuan pokok dari Plankter tahun 2016 adalah untuk membentuk karakter mahasiswa, meningkatkan rasa kekeluargaan dan kekompakan internal di mahasiswa MSP angkatan 2015.

       Kegiatan ini dimulai pada Jumat sore (3 Jun), diawali dengan opening ceremony pada lapangan FPIK UB kemudian mobilisasi ke lapangan desa Sumber Pasir dekat dengan area Unit Pelaksana Teknis Budidaya Air Tawar milik FPIK UB. Pada jumat malam, seluruh peserta menempati tenda yang telah tersedia untuk beristirahat sembari menyiapkan tenaga untuk mengikuti kegiatan di hari sabtu. Pada hari sabtu, seluruh panitia dan peserta melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di 2 desa, yaitu desa Sidomulyo dan desa Sumber Pasir. Pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa bersih desa, pengecatan mushola, dan pembagian buku pada sekolah dasar di desa Sumber Pasir. Pada hari minggu, berbagai kegiatan outbond dilakukan untuk meningkatkan kekompakan peserta. Di penghujung acara, dilakukan kegiatan pemilihan ketua tingkat.

       Pemilihan ketua tingkat tahun ini berbeda dengan 2 tahun belakangan, dimana Pilkating dilakukan di kegiatan SAMUDERA saat semester ganjil. Pilkating yang dilakukan tahun ini sama seperti  yang dilakukan tiga tahun silam saat Pilkating MSP angkatan 2012 yaitu saat rangkaian acara Plankter. Saat pilkating di Plankter tahun ini berlangsung, terdapat 5 orang calon yang mengajukan diri. Adapun ke 5 orang tersebut diantaranya adalah Ahmad Fahmi, Dimas Noerman, Makata Nugraha, Faisal Auzan dan Cahyo. Setelah melalui momen yang mendebarkan tersebut, keluarga besar MSP 2016 akhirnya mendapatkan kating dan wakating yang akan memimpin angkatan 2016. Keluarlah hasil Makata Nugraha dan Ahmad Fahmi sebagai Ketua dan Wakil Ketua Tingkat MSP 2016  yang terpilih.

IMG_2087(1)

       “Plankter adalah wadah kita untuk masuk dan mengenal lebih jauh dunia MSP. Saya berada diantara orang-orang hebat, semua kegiatan Alhamdulillah berjalan lancar gak ada yang di skip walaupun kadang grimis aja karena semangat teman-teman panitia dan peserta untuk terus lanjutin acara. Semangat panitianya luar biasa,peserta juga sangat antusias. Pesan saya sebagai ketua panitia, mungkin buat tahun depan smoga Plankternya bisa lebih baik lagi, buat adik adik 2015 semoga setelah adanya Plankter bisa lebih menyatu, buat kakak kakaknya yang 2014 semoga tetep kompak dan smakin jaya.” Ujar Dhika selaku ketua pelaksana Plankter.

PLANKTER 2016 (Satu Kita, Satu Hati, PLANKTER Beraksi!)