Humanera On Vacation “Learning about Fisheries and Marine Environment”

Humanera On VocationHumanera memiliki berbagai program kerja internal maupun eksternal, seperti kegiatan seremonial, pengabdian masyarakat, pembangunan internal mahasiswa program studi, advokasi mahasiswa dan sebagainya. Selain berfokus pada pengembangan program studi melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat internal, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (Humanera) juga memfasilitasi mahasiswa MSP berupa sebuah kegiatan yang bermanfaat untuk lebih mengenal dunia kerja. Pada 16-18 September 2016 lalu, Departemen Humas Humanera telah melaksanakan studi lapang guna merealisasikan angan agar terjadinya peningkatan mutu sumberdaya mahasiswa MSP untuk bersaing setelah lulus dari kampus biru. Kegiatan ini diikuti oleh pengurus Humanera, Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan Angkatan  2013, 2014, 2015 dan Bapak Dr. Ir. Mulyanto, MS selaku Kaprod MSP dan Bu Dr. Ir. Umi Zakiyah, Msi selaku perwakilan dosen MSP.

Kegiatan ini telah dipersiapkan mulai pertengahan Juli 2016, melibatkan Departemen Humas sebagai penyelenggara dan panitia utama. Studi lapang dilakukan dengan mengunjungi berbagai instansi baik formal maupun informal dalam bidang perikanan dan kelautan di Jawa Timur. Dimulai dari yang pertama yaitu, peserta melakukan studi ekskrusi di Balai Perikanan Air Payau Situbondo, dilanjutkan dengan wisata ke Underwater Bangsring Banyuwangi. Disana, peserta diajak ke Rumah Apung dan snorkling di area konservasi ikan hias  dan ikan hiu di Pulau Merah. Acara terakhir adalah training mangrove di Mangrove Centre  Nguling Pasuruan. Disana peserta diajarkan bagaimana cara pembibitan sampai perawatan tanaman mangrove serta hiburan berupa naik perahu untuk mengelilingi hutan mangrove.

Sekitar 10 perserta tidak mendapatkan kesempatan untuk ikut kegiatan HOV, hal ini dikarenakan kuota yang tersedia untuk perserta HOV terbatas, yaitu 50 orang. Dilihat dari pendaftarannya yang berlangsung sekitar kurang lebih  20 hari, antusias peserta untuk mendaftar cukup tinggi dan ini berkelanjutan sampai acara berlangsung. Keinginantahuan peserta sangat tinggi dalam mengikuti studi lapang, khususnya di BPAP Situbondo. Disana perserta banyak diberikan pengetahuan sedikit banyak tentang perikanan dan sebuah kebanggaan dimana Perikanan Brawijaya diberikan kesempatan berupa akan diterimanya mahasiswa Universitas Brawijaya yang ingin melakukan PKL maupun skripsi di BPAP ini. Antusias perserta HOV tidak berhenti di Situbondo, ketika training mangrove, peserta juga sangat semangat meskipun terik matahari menerjang karena diakhir training kita diberi pengalaman pertama yang tidak terlupakan karena semua peserta menaiki perahu kecil tanpa pelampung di ombak yang cukup besar untuk mengelilingi sekitar 72 hektar hutan mangrove di kawasan tersebut.

“Kegiatan Studi lapang ini adalah pertama kali dilakukan oleh Humanera. Tahun lalu, dilakukan studi banding dengan melakukan kunjungan untuk bertukar ilmu di Universitas Diponegoro Semarang. Akan tetapi, dengan berbagai evaluasi akhirnya diputuskan untuk melaksanakan studi lapang. Kegiatan ini penting, khususnya untuk Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan dalam memandang prospek kedepannya. Disini mahasiswa akan lebih mengenal apa itu MSP,  dimana letak MSP,  dan untuk apa MSP. Selain proses pembelajaran, kegiatan ini juga dilengkapi refreshing karena mahasiswa juga butuh refreshing dan belajar mengenal Alam” Ujar Sylvia Dwi Hanifa, selaku ketua pelaksana Humanera on Vocation 2016.